3/9/18

Info: Perbedaan JPG, PNG, dan GIF

Related image

Heyya guys! Asiah sudah lama tidak posting di blog, gara-garanya Asiah buka blogger itu sukanya edit blog bukan nge-post postingan yaah jadi gitu deeh. Nah karena sekarang Asiah merasa kangen dengan ramainya blog dengan pengunjung, bukan ramai dengan design lagi, jadi Asiah akan mulai memposting banyak hal disini, nah salah satunya adalah info tentang apa perbedaan gambar jpg/jpeg dengan gambar png sih? Yang pengen tau ayo baca!
Kita mulai dari JPG dulu ya!

JPG/JPEG


JPG/JPEG adalah singkatan dari Joint Photographics Expert Group. Format yang memiliki ekstensi file *.JPEG atau *.JPG. ini mulai dikembangkan pada tahun 1986. Keunggulan JPEG adalah memiliki tingkat kompresi tinggi namun tetap menggunakan warna _true colour_ (24 bit). Sehingga walaupun ukuran file-nya kecil, warna yang ditampilkan tetap akurat, sehingga kualitas gambar dapat terjaga.

Format ini dapat digunakan di hampir semua sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, dan sebagainya. JPEG menjadi format standar untuk kamera digital atau kamera hp. Namun JPEG tidak mendukung transparansi. Sehingga jika gambar kamu tidak full, akan terdapat background berbentuk kotak warna putih. Ini adalah salah satu contoh gambar yang berformat jpg.

Image result for kiki the cyber squirrel
*diklik agar kelihatan

PNG


PNG adalah kependekan dari Portable Network Graphic dan memiliki ekstensi file *.PNG. Pengembangan format PNG dimulai pada tahun 1995. Keunggulan PNG adalah mampu menyimpan gambar yang memiliki transparansi, misalnya _background_ transparan atau bagian gambar yang semi transparan. Kamu bisa memasukkan gambar PNG transparan ke dalam program lain, misalnya Microsoft Word tanpa ada _background_ putih yang mengganggu seperti format JPEG. Format PNG juga mampu menyimpan gambar yang semi transparan.


Format PNG paling tepat digunakan untuk foto dan gambar yang memiliki transparansi atau efek fading (luntur), misalnya logo. PNG juga sangat baik untuk menyimpan gambar yang akan digunakan sebagai bahan-bahan membuat desain selanjutnya. Namun ukuran file gambar berformat PNG cenderung lebih besar. Ini adalah salah satu contoh gambar yang berformat png.

Related image

*diklik agar kelihatan

GIF


Graphic Interchange Format atau GIF memiliki ekstensi file *.GIF. Format ini diperkenalkan oleh CompuServe pada tahun 1987 dan dipakai secara luas, terutama di internet. Kelebihan utamanya adalah ukuran filenya yang kecil, sehingga sangat efisien dalam hal waktu _upload_ serta tidak memerlukan kapasitas besar di server.


Selain itu, format GIF mendukung animasi atau gambar bergerak yang menarik. Walaupun saat ini PNG dan JPEG juga mendukung gambar bergerak, kedua format tersebut membutuhkan ukuran file yang sangat besar. Sehingga saat ini format GIF masih menjadi pilihan utama dalam meyimpan gambar animasi sederhana.
Kekurangan GIF terletak pada kemampuan menyimpan warna yang terbatas, yaitu hanya 256 warna saja. Gambar dengan kompleksitas warna tinggi akan terlihat pecah jika disimpan dalam format ini. Format GIF paling sesuai untuk menyimpan gambar sederhana seperti garis dan bentuk dasar yang tidak mengandung banyak warna atau gradasi. GIF juga paling banyak digunakan untuk membuat animasi bergerak. Ini adalah salah satu contoh gambar yang berformat gif.

Sekarang udah tahu, kan bedanya penggunaan format JPG, PNG, dan GIF? Nah, semoga bermanfaat ya!

Credit: JalanTikus

13 comments:

  1. Uwaaaaaa, kakak malah ga perhatiin kaya gitu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah beda dong, kalau aku merhatiin banget soalnya aku gemes kenapa backgroundnya ada yang ngga transparan

      Delete
  2. hehee, saya dah lama tahu perbezaan format-format tersebut tapi tak secara detail lah but today, dah tahu lebih detail lepas bace entry awak! ^^

    jemput singgah ke blog saya dan bace entry saya, boleh tinggal kan komen juga di entry baru saya ^^

    http://iamfieonafieridz.blogspot.my/2018/03/detik-kelahiran-bebii-nawrah-part-i.html

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Antara jpeg dengan png, saya lebih suka guna png sebab sizenya tak terlalu besar. Tapi yang lebih menarik, gif... gambar boleh bergerak ! :D
    Thanks for da info.

    https://rockyysweety.blogspot.my/

    ReplyDelete
  5. Gambar yang kamu pake buat nyontohin JPG,itu gambar PNG, lho.. tapi nggak masalah kok,, siapa yang peduli, hehe. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, soalnya aku nyari yang belakangnya putih yang jpg kurang banyak sih :P
      btw makasih udah ngingetin :))

      Delete
  6. dulu aku sempet loh buat header dengan JPG, tapi aneh, kok yng lain bisa transparen? Kahirnya pas coba PNg eh bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyoba-nyoba itu salah satu jalan untuk belajar lho ag, yang penting pantang menyerah!

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...